Thursday, October 1, 2009

Bupati Matim: Berdayakan Potensi Wisata

WAELENGGA, POS-KUPANG.COM-- Bupati Manggarai Timur (Matim), Drs. Yoseph Tote, M.Si, minta pengelola Mbalata Cottages Beach Inn, Fransisco Ferry Huik, agar memberdayakan potensi alam yang ada di lokasi penginapan itu menjadi obyek wisata yang menarik wisatawan manca negara

Penegasan ini disampaikan Yoseph Tote, ketika meresmikan tempat penginapan Mbalata Cottages Beach Inn di obyek wisata Mbalata, Jumat (25/09/2009).
Obyek wisata ini yang merupakan salah satu obyek wisata pantai yang ada di Manggarai Timur, tepatnya di Desa Watunggene, Kecamatan Kota Komba.

Penginapan Mbalata Cottages Beach Inn dibangun oleh salah seorang putra daerah, Fransisco Ferry Huik.

Hadir saat peresmian anggota DPRD dari Kabupaten Ngada, Camat Aimere, Pelaksana Tugas (Plt) Sekab Matim, Drs. Matheus Ola Beda, Plt Asisten I, Frans Salesman, pimpinan SKPD, Ketua TP PKK Matim, dan Mrs. Tonya, salah seorang teman Fransisco asal Belgia dan ratusan masyarakat setempat.

Acara peresmian dilakukan di salah satu bagian pantai Mbalata, tepatnya di depan penginapan Mbalata Cottages Beahc Inn.

Yoseph Tote berharap dengan adanya Mbalata Cottages Beach Inn, wisatawan bisa mendapatkan pelayanan dan tempat beristirahat yang baik dan strategis antara Kota Labuan Bajo dan Bajawa.

Selain itu, lanjut Tote, wisatawan juga bisa berkesempatan berwisata ke tempat terdekat yang ada di wilayah Mbalata. "Pemerintah Manggarai Timur memberi apresiasi yang tinggi kepada Fransisco, dan akan mendukung sepenuhnya usaha ini melalui pengadaan sarana dan prasarana pendukung seperti jalan masuk menuju lokasi penginapan, air bersih dan penerangan. Tahun ini juga jalan masuk ke Mbalata Cottages Beach akan dikerjakan. Juga diupayakan listrik dan air bersih masuk ke tempat ini," kata Tote.

Pemilik penginapan, Mbalata Cottages Beach, Fransisco Ferry Huik, mengatakan sebagai wujud dukungan di sektor pariwisata, ia berusaha membangun tempat penginapan ini. Usaha ini dirintis karena ia merasa iri dengan daerah lain yang tidak jauh berbeda dengan alam di Flores ini.

"Sudah banyak negara di belahan dunia ini yang saya kunjungi dengan keindahan pariwisata yang sangat menawan. Ketika saya mengunjungi tempat pariwisata di sana, sebenarnya ada rasa iri dan sedikit tertantang dalam hati kecil saya karena sesungguhnya daerah itu ada panorama alam yang tak kalah indahnya dengan yang ada di tanah Flores ini. Itu sebabnya, saya berani bangun penginapan di Mbalata, Desa Watunggene, Kecamatan Kota Komba," paparnya.

Dia meminta dukungan semua pihak termasuk pemerintah berupa keamanan, kebersihan dan perlindungan alam. "Tamu manca negara senang kalau keadaan kita bersih dan aman serta alamnya dilindungi (natural conservasi)," kata Ferry.

Lokasi Mbalata Cottages Beach Inn terletak sekitar satu kilometer dari ruas jalan negara trans Flores. Penginapan itu berbentuk cotage terdiri dari lima unit rumah berbentuk panggung beratap alang-alang, berlantai papan.

Semuanya dari bahan lokal yang telah mendapat sentuhan seni tingkat tinggi dan sangat natural. Ukuran ruangan sekitar 3x4 meter terdapat satu single bed. Kamar mandia dibagian belakang bawah terkesan sangat mewah dengan peralatan mandi modern.


Penginapan ini dibangun dengan dana Rp 1 milliar lebih. "Yang dibangun sekarang baru lima unit rumah. Dalam waktu dekat akan ditambah enam unit lagi," kata Ferry. (gg)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man