Wednesday, September 30, 2009

OMK Borong Gelar Pekan Jambore

BORONG, POS-KUPANG.COM-- Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St. Gregorius Borong, Kabupaten Manggarai Timur menggelar jambore OMK selama sepekan, sejak Sabtu (26/9/2009). Pekan Jambore dibuka Vikaris Keuspukan (Vikep) Borong, Romo Beny Jaya, Pr, ditandai pemukulan gong.

Kegiatan bertemakan Yesus Sayang Saya (Yesaya), dan Saya Menjadi Andalannya (Aman). Tujuannya, selain sebagai sarana mempersatukan OMK, juga untuk menggerakan kaum muda agar sanggup menemukan dan menampilkan diri sebagai masa depan gereja, dan masa depan daerah. Juga kehadiran OMK dapat menjadi andalan Tuhan dalam basis gereja dan masyaryakat.

Hadir Ketua MUI Matim, H. G. Ali, para imam masjid di Borong, pendeta GMIT, Pelaksana Tugas (Plt) Sekab Manggarai Timur, Drs. Matheus Ola Beda, Kadis Hubparkom, Drs. Agus Kano Umak, Camat Borong, Egi Asa, S.Sos, dan para OMK dari beberapa wilayah di Paroki Borong.

Romo Beny Jaya, mengatakan, tantangan iman di zaman sekarang adalah menghayati iman secara politis, memilih agama sesuai keinginan, agama yang canggih namun meninggalkan kita di saat kritis.

Ia berharap OMK menyadari diri sebagai masa depan bangsa dan gereja, serta menghayati iman katolik secara utuh dan menyeluruh.

Ketua Panitia Pekan Jambore OMK, Ferdy Jerau, mengatakan, dasar kegiatan ini adalah, amanat Sinode II Keuskupan agar OMK diberdayakan demi penemuan jati diri, dan konsili vatikan II khususnya dekrit tentang kerasulan awan, program paroki Borong tahun 2006-2010, serta berbagai persoalan yang muncul di tengah umat berkaitan kaum muda.

Dikatakannya, kegiatan yang akan dilakukan dalam pekan Jambore meliputi ritual keagamaan dan lomba seperti, paduan suara, vokal grup, lomba kapok (sapaan adat), kuis kitab suci, bola voli dan bolakaki.

Selain itu, lomba tarian daerah, kebangunan rohani katolik bersama PD Elisabeth dari Jakarta, misa penyembuhan dan perutusan. Selain itu, artis Indonesian idol, Delon akan tampil menghibur 800 peserta Jambore OMK Borong nanti.


Dalam acara itu, pemuda GMIT Borong juga ikut menyumbangkan lagu rohani. OMK juga menampilkan narasi injil yang menceritakan kebangkitan Yesus dilanjutkan beberapa lomba tarian kreasi daerah. (gg)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man