Friday, September 25, 2009

Jalan Labuan Bajo-Boleng Rusak

LABUAN BAJO, POS-KUPANG.COM-- Ruas jalan sepanjang 30 kilometer dari Labuan Bajo ke wilayah Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), sudah rusak parah. Kerusakan jalan terlihat hampir di sepanjang jalan, mengakibatkan kendaraan mengalami kesulitan melintas ke wilayah tersebut.

Pantauan Pos Kupang, Sabtu (19/9/2009), di banyak titik jalan lapisan aspal jalan sudah terlepas. Di beberapa tempat, permukaan jalan bergelombang. Debu berterbangan saat kendaraan lewat. Banyak batu kecil berserakan di badan jalan.
Dua warga Desa Golo Sepang, Felix Same dan Muskrin, yang ditemui terpisah, mengatakan, kerusakan jalan sudah berlangsung lama. Kerusakan terjadi karena kendaraan besar bertonse berat sering melintas di jalan itu.

Faktor lain yang membuat jalan rusak akibat hujan serta mutu jalan kurang baik. Mereka mengaku, akibat rusak ruas jalan itu, warga dari Kecamatan Boleng memilih menggunakan transportasi laut untuk pergi ke Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Mabar.

Same mengatakan, ruas jalan menuju Boleng belum diperbaiki sejak dulu sehingga kerusakan terus bertambah parah.

"Semua aspal sudah terbongkar. Saat musim kemarau jalan menjadi berdebu dan kalau hujan jalan berlumpur dan licin. Kami sangat kesulitan melintasi jalur ini," keluh Same.

Muskrim mengatakan, ruas jalan itu selalu dipadati kendaraan sehingga butuh perhatian pemerintah untuk memperbaikinya. Pasalnya, daerah di Kecamatan Boleng cukup memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Mabar dari sektor pertanian dan hasil laut. Karena itu, perlu dukungan sarana prasarana jalan yang lebih baik.


"Dari tahun ke tahun kondisi jalan seperti ini, tidak pernah diperbaiki. Bahkan jalur darat ke Terang makin berlumpur kalau musim hujan," kata Muskrin. (cc)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man