Friday, September 25, 2009

Seleksi CPNSD Matim Diduga Bermasalah

BORONG, POS-KUPANG.COM-- Seleksi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) tahun lalu, diduga bermasalah. Pasalnya, ada CPNSD dengan kualifikasi S1 Ekonomi Manajemen lulus untuk formasi tenaga teknis dengan kualifikasi D3 Ekonomi Manajemen.

Beberapa warga yang enggan ditulis namanya, kepada Pos Kupang di Borong, Jumat (18/09/2009), mempertanyakan lulusnya CPNSD berinisial RTCR yang saat ini sedang menjalani orientasi pada unit BKD Matim. Pasalnya, yang bersangkutan lulus seleksi untuk formasi yang berbeda. RCTR berijazah S1 Ekonomi Manajemen, namun diterima di formasi D3 Ekonomi Manajemen.

"Bagaimana dia bisa lulus, padahal kami sama-sama S1 Ekonomi Manajemen. Kami yang lain ditolak saat mendaftar. Dalam seleksi CPNSD 2008 formasi tenaga teknis yang dibutuhkan adalah kualifikasi D3 Ekonomi Manajemen. Namun dalam proses seleksi yang lulus S1 Ekonomi Manajemen. Ada apa ini?" kata seorang pelamar CPNSD.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Matim, Drs. Stefanus Kut yang ketika dikonfirmasi usai penutupan prajabatan PNS golongan I dan II, di Hotel Sama Jaya Borong, Kamis (17/9/2009), mengatakan bahwa masalah itu sudah diselesaikan dengan adanya perubahan usulan kualifikasi pendidikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Ada surat tentang perubahan kualifikasi pendidikan untuk formasi penyuluh koperasi dengan kualifikasi pendidikan dari sarjana manajemen koperasi menjadi sarjana ekonomi manajemen mengingat formasi penyuluh koperasi dengan kualifikasi pendidikan manajemen koperasi tidak ada pelamarnya," jelas Kut sambil berjanji akan menunjukkan surat itu.


Mengenai kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam proses seleksi CPNSD tahun 2008 khususnya formasi tenaga teknis dengan kualifikasi D3 Ekonomi Manajemen, Stef Kut mengatakan hal itu terjadi karena kesalahan ketik.
"Di pengumuman seleksi kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan D3 Ekonomi Manajemen namun dalam pengumuman hasil seleksi terjadi kesalahan penulisan menjadi S1 Ekonomi Manajemen. Yang benar adalah D3," kata Stef Kut. (gg)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man