Sunday, October 4, 2009

Masyarakat Minang di Daratan Flores Galang Bantuan

ENDE, KOMPAS.com-Masyarakat Minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Sakato atau IKMS di daratan Flores, Nusa Tenggara Timur menggalang bantuan untuk keluarga korban gempa di Sumatera Barat mulai hari Jumat (2/10).

Mereka telah mendirikan posko untuk menggalang bantuan itu di Hotel H Mansyur, Kabupaten Ende, Flores. Pemerintah Kabupaten Ende pun kemarin (Jumat) menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 25 juta lewat IKMS Kabupaten Ende. Penyerahan bantuan diserahkan oleh Bupati Ende Don Bosco M Wangge yang didampingi Wakil Bupati Ende Achmad Mochdar.

Kami ingin meringankan beban mereka yang tertimpa musibah di Sumatera Barat, dan saya sudah kontak teman-teman lain dari Minang yang ada di Ruteng, Bajawa maupun Larantuka supaya sebaiknya bantuan disatukan di Ende. "Sehingga ketika bantuan itu dikumpulkan menjadi besar, dan cukup membantu mereka," kata Koordinator Penggalangan Bantuan untuk Keluarga Korban Gempa Sumatra Barat, Anas Chan, Jumat, di Ende.

Penggalangan bantuan itu diambil dari anggota IKMS di daratan Flores mulai dari Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, dan Flores Timur.

Anas juga mengatakan, dirinya segera bertolak ke Padang untuk mendata kira-kira apa yang paling dibutuhkan masyarakat di lokasi kejadian .

"Bantuan yang disalurkan nanti paling tidak ada makanan dan obat-obatan, karena kedua jenis ini tentu amat dibut uhkan. Bantuan diperkirakan baru disalurkan ke sana dalam waktu dua minggu ke depan," kata Anas.

Ketua Ikatan Keluarga Minang Sakato Kabupaten Ende, A Djamal Humris mengatakan, bantuan ini akan difokuskan lebih ke Kota Pariaman.

Karena anggota IKMS seperti di Kabupaen Ende 90 persen ber asal dari Pariaman. Kami berharap untuk keluarga korban gempa di Kota Padang, maupun Provinsi Jambi ada bantuan dari pemerintah daerah setempat, kata Djamal.

Bupati Ende Don Bosco M Wangge seusai menyalurkan bantuan lewat IKMS menyatakan, semoga bantuan itu dapat turut meringankan beban keluarga korban gempa.

"Kami juga berdoa agar masyarakat di Sumatra Barat tabah menghadapi bencana ini, dan semoga cepat keluar dari kesulitan. Kami menyal urkan bantuan lewat IKMS Kabupaten Ende diharapkan akan tepat sasaran," kata Don.

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man