Friday, October 9, 2009

80 Persen Koperasi di Matim Belum Berbadan Hukum

BORONG, POS-KUPANG.COM-- Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Drs. Basilius Teto, mengatakan, dari 70 koperasi yang ada, 58 koperasi atau 80 persen belum berbadan hukum.

"Kami akan berusaha maksimal memajukan koperasi di Matim. Paling tidak dalam tahun ini 50 persennya sudah harus berbadan hukum," kata Teto, di sela-sela acara penyerahan bantuan dana bergulir kepada koperasi di Kantor Bupati Matim, Sabtu (3/10/2009)

Bupati Matim, Drs. Yoseph Tote, saat penyerahan dana bantuan bergulir tahun 2009 sebesar Rp 580,4 juta kepada koperasi mengatakan, dana bergulir ini akan dibagikan dalam dua tahap kepada sejumlah koperasi. Dana untuk pemberdayaan modal koperasi sebagai lokomotif perekonomian rakyat.

Bantuan tahap pertama sebesar Rp 180,4 juta tersebut diserahkan kepada pimpinan Koperasi Kredit (Kopdit) Waemotu-Waelengga, Kecamatan Kota Komba, dan Koperasi Surya Mekar, Kecamatan Poco Ranaka.

Yoseph Tote mengatakan, pemerintah akan terus berusaha membantu perkembangan perkoperasian di Matim. "Bantuan dana bergulir ini hendaknya dijadikan modal untuk pengembangan usaha koperasi yang ada," kata Tote.

Tote minta agar para manajer dan pengurus koperasi melakukan pembenahan dan pemantapan administrasi koperasi. Instansi terkait diminta perlu mencari dan menemukan model pengendalian yang tepat terhadap pengelolaan perkoperasian di Matim.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UKM Matim, Basilius Teto, kepada Pos Kupang menjelaskan, bantuan dana bergulir tahap I kepada beberapa koperasi tahun 2009 sebesar Rp 180.400.000,00. Sedangkan bantuan dana bergulir untuk tahap kedua sebesar Rp 400 juta.


Dana bergulir ini diberikan kepada koperasi yang telah diseleksi berdasarkan kriteria yang disyaratkan. "Tidak semua koperasi mendapat bantuan dana bergulir karena ada proses seleksi untuk menentukan koperasi yang layak menerima bantuan dana itu," jelas Teto. (gg)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man