Sunday, October 4, 2009

Pemda Bentuk Posko Pencemaran Laut Timor

KUPANG, KOMPAS.com —Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) membentuk pos komando (posko) untuk memantau pencemaran Laut Timor akibat meledaknya ladang minyak Montara milik Australia.

"Kami sudah membentuk posko di Administrator Pelabuhan (Adpel) Kupang untuk memantau pencemaran minyak di Laut Timor," kata Asisten II Setda NTT Partini Hardjokusumo setelah memimpin rapat koordinasi terkait tumpahan minyak di laut Timor, Jumat (2/10).

Pembentukan posko tersebut terkait dengan meledaknya ladang minyak Montara pada 21 Agustus, yang terletak sekitar 690 km barat Darwin, Australia utara, dan 250 km barat laut Truscott di Australia barat.

Ladang minyak Montara yang meledak tersebut letaknya lebih dekat dengan gugusan Pulau Pasir (ashmore reef) yang menjadi pusat pencarian ikan dan biota laut lain oleh nelayan tradisional Indonesia.

Ladang minyak yang meledak tersebut memuntahkan sekitar 500.000 liter minyak mentah, yang telah mencemari perairan Laut Timor dan lingkungan di sekitarnya serta mengancam seluruh habitat yang berada di kawasan tersebut.

Selain membentuk posko, pemda juga akan melaporkan pencemaran Laut Timor kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro untuk diambil langkah antisipasi. "Laporannya sudah disiapkan untuk dikirimkan ke menteri," katanya.

Langkah lain yang telah diambil pemerintah yakni mengirim tim kecil yang melibatkan Lantamal Kupang, Perhubungan, dan dinas perikanan dan keluatan untuk melakukan pemantauan di Laut Timor. "Tim sudah bertolak sejak Kamis malam menuju perairan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menggunakan kapal milik Lantamal," katanya.

Pengiriman tim tersebut, berdasarkan laporan Bupati TTS Paul Mella melalui telepon bahwa masyarakat di wilayah tersebut telah merasakan dampak pencemaran minyak tersebut. "Dampak yang ditimbulkan antara lain, matinya ikan dan tanaman yang berada di pesisir pantai," katanya.

Pencemaran minyak mentah dari Australia telah memasuki perairan Laut Timor sekitar 50 mil laut.

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man