Tuesday, October 27, 2009

BOM Tolak Politisi Bermasalah

Laporan Plasidus Madi

Ruteng, NTT Online - Forum Barisan Orang Muda (BOM) Manggarai menolak masuknya politisi bermasalah ke lembaga eksekutif dan legislatif. Politisi yang bermasalah dimaksud yakni para politisi yang terlibat dalam kasus korupsi, pelanggaran hak azasi manusia, perusakan lingkungan hidup, kejahatan seksual, narkoba, tindak pidana lainnya, berkinerja buruk serta penyalahgunaan kekuasaan.

Selain itu BOM juga bertekad untuk mengawal setiap tahap berjalannya demokratisasi di tingkat lokal terutama proses pemilihan kepala daerah 2010 dengan terus mengumpulkan data-data pengaduan masyarakat menyngkut politisi bermasalah.

Dengan harapan masyarakat Manggarai tidak memilih politisi bermasalah. Tidak hanya itu BOM Manggarai juga melakukan pendidikan politik rakyat dengan menginformasikan dan mengajak publik untuk menolak dan melawan upaya kelompok tertentu yang melakukan politik uang dan teror politik.

Kemudian BOM juga secara aktif menciptakan suasana pemilu kepala daerah yang damai, demokratis dan bermartabat, serta mengedepankan positioning politik rakyat atau blok politik demokratik, baik orang muda maupun perempuan dalam arah kebijakan organisasi kedepan.

Dan mempelopori tonggak sejarah kebangkitan orang muda Manggarai dalam berbagai bidang, baik dibidang sosial, politik, ekonomi maupun budaya di daerah Manggarai yang kita cintai.

Demikian poin manifesto politik BOM Manggarai pada acara Pendeklarasian Forum Barisan Muda Orang Muda (BOM) Manggarai di Efata, Minggu (25/10).

Ketua Umum BOM Manggarai, Alfan Mana dalam sambutannya mengatakan, visi BOM adalah terwujudnya pembangunan yang berbasis pemberdayaan menuju masyarakat Manggarai yang demokratis, sejahtera, adil dan makmur. sedangkan misi BOM mengaktualisasikan pembangunan baru yang berwawasan sumber daya manusia, gender dan penegakan demokrasi.

Selanjutnya Mana menjelaskan, tujuan pembentukan Forum Barisan Orang Muda Manggarai ini adalah mengembangkan paradigma pembangunan di kabupaten Manggarai yang berwawasan SDM, gender, demokrasi dan lingkungan hidup, mendorong ketokohan dan idealisme kaum muda dalam konstelasi kepemimpinan di Manggarai.

Selain itu, mendorong orang muda Manggarai untuk berpartisipasi dalam konstelasi politik lokal demi tersalurnya paradigma pembangunan yang ditawarkan orang muda Manggarai serta bertekad mengawal semua proses pembangunan di Kabupaten Manggarai sekaligus mendorong gagasan-gagasan atau terobosan-terobosan baru yang dimotori oleh orang muda Manggarai.

Mana juga mengatakan, dalam bingkai pemikiran yang kritis orang muda Manggarai ini melihat bahwa perlu adanya suatu gerakan baru dengan paradigma baru.

Dalam konteks perjuangan BOM tentu lahir dari idealisme dimana orang muda Manggarai yang selama ini diabaikan dan dianggap lemah.

Kini saatnya menjadi penentu nasib Manggarai kedepan. Karena orang muda juga punya peran yang sangat besar.

Sejarah perjuangan bangsa ini pun telah mencatatnya dimana peran para pemuda sangat besar.

Selanjutnya salah seorang tokoh muda Manggarai dan bakal maju sebagai kandidat bupati Manggarai 2010-2015 nanti menegaskan bahwa orang muda tidak perlu ragu untuk masuk pada ruang politik. Masa depan Indonesia ada ditangan orang muda karena sejarah telah menggariskan seperti itu. selain itu, telah terjadi perubahan yang dramatis di belahan dunia.

Ia mencotohkan Amerika yang dipimpin Barak Obama yang usianya masih muda dan masih banyak Negara lainnya yang pemimpinya orang muda.

Kendati di Indonesia, peran orang muda masih dianggap sepele. Tapi satu hal yang perlu diingat bahwa orang muda termasuk yang ada di Manggarai adalah juga manusia.

karena itu, kita tidak usah berkecil hati untukl tampil sebagai seorang pemimpin. Tantangan terbesar yang kita hadapai, lanjut Heri Nabit yaitu ego atau kekauan. "Jika kita bisa mengatasi egoisme kita maka Indonesia baru dan Manggarai baru sudah ada didepan mata,"tegas Heri Nabit.

Acara pendeklarasian BOM ini dihadiri seluruh pengurus BOM Manggarai, para ketua OKP, LSM, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

2 comments:

  1. bo ami ta kae setuju-setuju kaut, yang penting BOM untuk rakyat memang. agu asi percaya bail mahasiswa ta kae. ada rokok menjauh, ga ada rokok mendekat.

    ReplyDelete
  2. pemuda adalah garda terdepan maju tidaknya suatu daerah. saya sangat sepakat jika manggarai di pimpin kaum muda yang memiliki talenta dan mengerti tentang manggarai itu sendiri. berbicara pemuda adalah berbicara masa depan sedangkan orang tua hanya berbicara sejarah. salam perjuanga pemuda reo-manggari.

    ReplyDelete

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man