Sunday, November 1, 2009

Jaga Kebersamaan dalam Pilkada Manggarai

RUTENG, POS KUPANG.Com - Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Ir. Esthon Foenay meminta masyarakat di Kabupaten Manggarai untuk tetap memelihara kebersamaan dan kekeluargaan, dalam proses pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) awal 2010.

"Pilkada hanya agenda politik lima tahunan yang diamanatkan undang-undang, tetapi kekeluargaan, kebersamaan dan persahabatan adalah hubungan yang berlangsung selama-lamanya sehingga harus dipelihara," kata Foenay ketika melantik Paulus B Bero sebagai Sekretaris Daerah Manggarai di Ruteng, Sabtu (31/10/2009).

Paulus sebelumnya adalah Kepala BKKBN Kabupaten Manggarai yang menggantikan Frans B Leok. Wagub NTT mengatakan, semua elemen masyarakat harus merajut kebersamaan untuk memilih putra terbaik, guna memimpin daerah ini lima tahun ke depan.

Putra terbaik menurut Foenay, adalah orang yang dipilih oleh Tuhan dan mau merelakan segala waktu dan pikirannya untuk membangun masyarakat ke arah yang lebih baik. "Kita sudah susah karena menghadapi berbagai kesulitan hidup sehari-hari, jangan lagi dipersulit dengan ketidak harmonisan hubungan kekeluargaan, kebersamaan dan persahabatan, hanya karena berbeda pilihan politik," kata Foenay.

Wagub juga menyarankan, siapapun yang ingin bertarung dalam pilkada harus berpikir secara matang, baik dari segi dukungan pemilih, finansial maupun dukungan partai politik. Jika dalam kalkulasi (hitungan) politik, dukungan suara tidak mencapai 30 persen, maka sebaiknya uang yang ada disimpan untuk usaha di hari tua dan kebutuhan sekolah anak-anak.

Menurut dia, apa yang disampaikan ini bukan untuk menakut-nakuti calon, tetapi ini adalah pengalaman pribadi ketika menjadi calon Wakil Gubernur NTT dua kali dan calon Walikota Kupang tiga kali, tetapi gagal karena tidak membaca peta dukungan politik secara baik.

"Saya ingin menceriterakan pengalaman yang sesungguhnya bahwa pilkada bisa membuat orang menjadi miskin dan melarat tetapi tim sukses yang justeru sukses membangun rumah dan membeli mobil mewah. Jadi pertimbangkan secara matang sebelum bertarung," katanya mengingatkan.

Hal yang paling penting dalam proses pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, menurut dia, adalah menjaga hubungan kekeluargaan, persahabatan dan kebersamaan yang sudah terbangun selama ini. "Jangan karena politik kita meninggalkan keluarga, saudara dan sahabat," kata Wagub Foenay. (ant)



No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man