Sunday, November 1, 2009

Bermasalah, Pembangunan SDI Rantang

BORONG, POS-KUPANG.COM--Proyek pembangunan gedung SD Inpres Rantang, di Desa Haju Ngendong, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) diduga bermasalah.

Proyek pembangunan dua ruangan kelas yang dikerjakan sejak September 2008 menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 156.750.000,00 terkesan ditelantarkan dan sampai saat ini fisik bangunan diperkirakan baru 40 persen.

Terkait temuan itu, Lembaga Monitoring Independen (LMI) Manggarai Timur mendesak Kepala Kejaksaan Negeri Ruteng untuk segera memanggil para pihak yang terlibat proses pengerjaan proyek untuk dimintai pertanggungjawabannya.
Demikian hasil investigasi LMI Manggarai Timur yang diterima Pos Kupang di Borong, Selasa (27/10/2009). Surat hasil investigasi LMI juga dikirim kepada Kejati NTT, Bupati Matim, Kadis PKPO Matim, Kepala SDI Rantang.

Ketua LMI Matim, Marsel Adrianus Pelealu, kepada Pos Kupang di Borong, Selasa (27/10/2009) menjelaskan, temuan LMI ini sudah dilaporkan kepada Kejari Ruteng untuk ditindaklanjuti.

Pelealu mengatakan, pengerjaan proyek yang dikelola Kepala SDI Rantang, Damianus Ranu, jelas kurang profesional dan berindikasi pada kerugian negara. Temuan ini, jelasnya, sebagai salah satu bukti bahwa pimpinan SKPD pengguna anggaran tidak pernah turun untuk meninjau proyek itu. "Sepertinya pimpinan SKPD pengguna anggaran hanya menerima laporan dari bawahan tanpa meninjau ke lapangan. Hal ini sangat fatal," kata Pelealu.

Ia berharap, pengerjaan proyek di Kabupaten Matim yang baru berdiri ini hendaknya mengedepankan kualitas sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (PKPO) Matim, Drs. Wihelmus Deo, dikonfirmasi Pos Kupang melalui hand-phone (HP)- nya, Selasa (27/10/2009), mengatakan, pembangunan gedung sekolah itu tanggung jawab Dinas PPO Kabupaten Manggarai. Pihaknya sudah berulang kali menyampaikan hasl itu ke Dinas PPO Manggarai namun belum ada tanggapan.


"Sabtu kemarin saya sudah sampaikan lagi namun belum ada tanggapan dari mereka (Dinas PPO Manggarai, Red)," tegasnya. Dikatakannya, selain SDI Rantang, ada satu sekolah lagi yang dibangun menggunakan DAK tahun 2008 dan diduga bermasalah, yakni SDK Bebong di Kecamatan Elar. (gg)



No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man