Sunday, November 29, 2009

Pasar Baru Labuan Bajo Terbakar

LABUAN BAJO, POS KUPANG.Com -- Pasar Baru di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggari Barat (Mabar), terbakar pada hari Selasa (24/11/2009) sekitar pukul 03.30 Wita. Sebanyak 43 los di Blok D dan E pasar tersebut, ludes terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun sebagian besar barang-barang jualan dan alat -alat rumah tangga pemilik los/kios ludes terbakar.

Disaksikan Pos Kupang, warga panik dan berlarian keluar dari dalam rumah begitu melihat asap dan nyala api membubung tinggi di pasar itu. Barang- barang dagangan serta parabot rumah diangkut ke jalan umum. Tangisan pun mewarnai peristiwa tersebut. Sejumlah polisi bersama warga kesulitan memadamkan kobaran api akibat tidak ada air di dekat lokasi. Nyala api terus membesar dan merambat cepat sampai menghanguskan 43 los pasar.

Api dengan cepat menjalar karena saat kejadian angin bertiup cukup kencang. Bangunan los pasar yang terbuat dari kayu dilalap habis oleh si jago merah.

Beruntung drum-drum berisi minyak tanah langsung dijauhkan dari lokasi kebakaran.

Karena ketiadaan air, warga hanya bisa menyaksikan kebakaran itu sambil tetap berusaha menyelamatkan barang yang masih bisa diselamatkan.

Dua mobil tangki air baru tiba di lokasi kebkaran saat api sudah meludeskan bangunan los-los pasar itu.

Hamadi, saksi mata, mengatakan pertama kali melihat asap mengepul di kios milik Abdul Adul. Saat itu, dia bersama beberapa warga langsung menuju kios tersebut, namun tidak ada orang di dalam. Saat pintu kios dibuka paksa, nyala api langsung menjalar keluar membuat mereka lari.

Bersama warga yang lain Hamadi berusaha memadamkan api namun usaha mereka sia-sia. Api dengan cepat merambat ke los-los pasar.

"Kami sudah berusaha memadamkan api tetapi tidak ada air sehingga api dengan cepat merambat," tuturnya.

Menurutnya, api dengan mudah menjalar dan membesar karena barang-barang jualan di dalam los-los pasar itu, termasuk bahan bangunan, mudah terbakar.

Pemerintah setempat masih mendata kerugian yang diderita para korban kebakaran. (cc)


1 comment:

  1. turut prihatin, semoga pemerintah cepat tanggap untuk segera memperbaiki los-los yang sudah tebrakar....

    ReplyDelete

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man