Tuesday, February 21, 2012

Peminat Listrik PLTS Mulai Meningkat

RUTENG, Timex-Sumber listrik pembangkit tenaga surya (PLTS) mulai dimafaatkan oleh masyarakat Manggarai dan sekitarnya, terutama warga yang bermukim jauh dari jaringan listrik PLN. Sebanyak 59 rumah tangga di Pulau Mules, Desa Nuca Molas, Kecamatan Satar Mese Barat sejak beberapa waktu lalu memanfaatkan sumber listrik PLTS untuk kebutuhan sehari-hari.

Demikian disampaikan Kepala PLN Ruteng, Moses M. Niron beberapa waktu lalu kepada koran ini di ruang kerjanya. Moses menjelaskan, PLTS sudah mulai dilirik masyarakat terutama warga yang bermukim jauh dari jaringan listrik PLN.

Sejak tahun 2010, kata Moses, pihaknya secara maksimal melakukan sosialisasi keberadaan dan jatah listrik PLTS, namun saat itu minat masyarakat masih sangat kurang. Namun, di awal tahun ini, PLTS mulai dilirik oleh masyarakat dan buktinya beramai-ramai warga mendatangi Kantor PLN Ruteng untuk mengajukan permohonan listrik PLTS.

Menurutnya,
pemasangan baru dilakukan begitu semua persyaratan terpenuhi, terutama berkaitan dengan rekening bank. Pemasangan telah dilakukan di sejumlah tempat seperti Pulau Mules, 59 unit, Dimpong 3 unit dan Desa Lempang Paji, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur.

PLTS yang sudah terpasang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat. "Sekarang PLTS mulai diminati, terutama warga yang bermukim jauh dari jaringan," katanya.

Dikatakan, untuk Manggarai dan Matim, alokasi listrik tenaga surya cukup banyak. Manggarai jumlahnya mencapai 20.000 unit dan Matim, 10.000 unit. Karena itu, masyarakat di desa-desa diharapkan bisa memanfaatkan peluang mendapatkan listrik tersebut.

Pemasangan listrik itu gratis dan masyarakat cukup memiliki rekening di bank dengan deposit minimal Rp 300 ribu. Uang itu akan diambil PLN setiap bulan Rp 35 ribu untuk pembayaran rekeningnya.

Disentil tentang jumlah peminat PLTS yang telah memenuhi syarat, Moses
menjelaskan, jumlahnya belum mencapai angka 1.000. "Baru sekitar 700 warga yang telah memenuhi syarat untuk pemasangan PLTS. Mereka ini hanya menunggu waktu saja untuk dipasang listriknya," katanya.

Jika material datang, lanjut Moses, maka langsung dipasang. Jumlah yang telah memenuhi syarat tersebut jauh di bawah alokasi baik untuk Manggarai maupun Manggarai Timur. (kr2/ito)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man