Sunday, June 13, 2010

Rahasia Keharmonisan Credo


POS-KUPANG.COM .........SEJAK adanya ketentuan kepala daerah  (gubernur maupun bupati) didampingi wakil kepala daerah (wagub/wabup/wakil walikota), jarang ditemukan ada pasangan yang harmonis hingga akhir masa jabatan.

Kenyataan di NTT selama ini, kemesraan pasangan kandas di tengah jalan. Tahun pertama setelah terpilih biasanya masih mesra, tahun kedua mulai renggang, tahun ketiga mulai retak, tahun keempat sudah pecah dan tahun kelima berantakan.

Tapi di antara sekian pasangan yang retak hingga pecah berantakan itu, pasangan bupati-wakil bupati, Christian Rotok dan Kamelus Deno (Credo) masih tetap mesra hingga akhir masa jabatannya lima tahun pertama. Bahkan maju bersama lagi dalam Pemilu Kada dan menang.

Apa sebenarnya rahasia keharmonisan paket Credo? "Rahasianya jangan ego. Harus saling menghormati. Saya dengan Pak Kamelus Deno tidak ego. Kami saling menghormati," kata Drs. Christian Rotok, Bupati Manggarai, kepada Pos Kupang di Kupang, Jumat (11/6/2010).

Sikap tidak ego dan saling menghormati itu diwujudkan dalam pelaksanaan tugas setiap hari. Sebagai bupati, Rotok mengaku tidak menjalankan tugas sendirian tetapi membaginya dan mempercayakannya kepada wakil bupati. "Bupati ini juga kadang jiwa kecil. Takut kalau tugas itu diberikan kepada wakil," katanya.

Rotok tidak menampik kalau kesuksesannya dalam pentas Pemilu Kada ini tidak terlepas dari kemampuannya merangkul lawan politiknya dalam Pemilu Kada lima tahun lalu. "Memang hati ini terasa sakit sekali karena difitnah macam-macam. Tapi saya berpikir komprehensif. Saya tidak hanya melihat orang yang memfitnah saya itu, tapi lihat istri dan anak- anaknya. Kalau saya sikut orang-orang itu, istri dan anak-anaknya yang sengsara. Banyak pejabat struktural di Manggarai yang menyekolahkan anaknya dari tunjangan jabatan. Jadi kalau tidak diberi jabatan, berarti istrinya juga susah dan anak-anaknya tidak sekolah," katanya.

Apakah dalam masa jabatan lima tahun kedua ini tetap merangkul lawan politik, Rotok belum bisa berkomentar. "Saya belum berpikir ke arah sana. Memang hati ini sakit sekali. Orang yang selama ini saya sudah bantu justru menghina saya kembali," katanya.

Mengenai program kerjanya pada periode lima tahun ke depan, Rotok mengatakan, akan tetap melanjutkan Panca Program, yakni meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, mewujudkan iklim pendidikan yang demokratis dan bermutu, mewujudkan perbaikan mutu pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian mutu lingkungan hidup, dan meningkatkan supremasi hukum dan hak azasi manusia (HAM).

Strategi dalam melaksanakan Panca Program tersebut, pertama,  dengan efisiensi dan efektivitas pengelolaan anggaran. Alokasi belanja publik harus lebih besar dari belanja aparatur. Sementara perjalanan dinas dan belanja barang habis pakai diefisienkan.

Kedua, menumbuhkembangkan prinsip bahwa yang menentukan keberhasilan program pembangunan bukan hanya pemerintah tapi juga dunia usaha dan masyarakat. Karena itu dunia usaha dan masyarakat harus selalu dilibatkan.

Ketiga,  penataan kelembagaan birokrasi, antara lain dengan pemekaran kecamatan dalam rangka pendekatan pelayanan. Juga dilakukan usaha peningkatan kapasitas PNS. "Setelah sistem dibenahi tinggal melakukan kontrol," katanya.

Kempat, leadership partisipation atau kepemimpinan partisipatif. "Strategi ini  yang bikin kami tetap mesra," katanya.

Dan kelima, perubahan berkelanjutan. Upaya perubahan yang sudah dilakukan selama lima tahun pertama ini akan terus dilanjutkan demi kemajuan pembangunan masyarakat Kabupaten Manggarai. "Selama ini kami sudah melakukan perubahan. Hanya orang yang tidak punya iman saja yang tidak mampu melihat perubahan itu," katanya. (kas)


4 comments:

  1. "Hanya orang yang tidak punya iman saja yang tidak mampu melihat perubahan itu"

    Jadi, apakah anda beriman????

    ReplyDelete
  2. Rahasianya adalah: saling menjaga rahasia.

    ReplyDelete
  3. Ada apa di antara Kita????

    ko pake rahasia segala???

    ReplyDelete
  4. semoga jiwa harmonis pak bubapti dan wakil akan tertular ke selruh rakyat manggarai

    ReplyDelete

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man