Saturday, March 20, 2010

Desember, Listrik Ulumbu Menyala

POS KUPANG. com -- Sesuai perkembangan perkerjaan dan perhitungan teknis listrik tenaga panas bumi Ulumbu di Ponggeok, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai akan menyala tahun ini juga. Saat ini sedang dalam persiapan teknis dan operasional lainnya.

"Kita perkirakan Desember 2010 sudah menyala. Sekarang sedang bereskan pekerjaan dasar," ujar Manajer PLTU Ulumbu Madju Napitupulu, menjawab Pos Kupang di Ruteng, Rabu (17/3/2010). Dia diminta keterangan terkait perkembangan pekerjaan. Saat ini turbin, generator dan perlengkapan lain sudah tiba di lokasi.

Menurut Napitupulu, kapal sejenis tongkang mengangkut perlengkapan listrik dan sudah tiba di pantai Iteng. Saat ini sedang dalam tahapan distribusi ke Ulumbu. Semua item pekerjaan lain sedang dilakukan. Alat-alat yang sudah didroping akan segera dipasang sesuai rencana teknis.

"Kalau pekerjaan dasar sudah beras kita langsung pasang. Bulan-bulan ke depan konsentrasi pekerjaan kita adalah pasang turbin itu," katanya.

Dia menjeleskan, perlengkapan listrik ulumbu yang sudah didroping adalah 2 buah turbin @ 50 ton, 2 buah generator @ 20 ton, lube oil system 20 ton, peralatan cooling power 15 ton, pompa-pompa dan travo 60 ton, totalseluruh material perlengkapan yang sudah droping 235 ton.

Wakil Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H.M.H, yang dihubungi Pos Kupang melalui telepon selulernya, Rabu (17/3/2010), mengatakan, sudah melihat langsung proses evakuasi peralatan litrik Ulumbu. Dengan pendropingan itu maka semakin jelas pelaksanaan kegiatan di Ulumbu. Dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama masyarakat Manggarai akan segera menikmati penerangan listrik dari kekayaan perut bumi itu.

Beberapa warga Iteng, Marianus Jebarut, Lukas Papang, kepada Pos Kupang melalui telepon selulernya mengharapkan agar kedatangan perlengkapan listrik Ulumbu makin cepat masyarakat menikmati penerangan listrik. Pemerintah daerah diharapkan mendorong percepatan operasi PLTU Ulumbu itu. (lyn)

9 comments:

  1. omong tentang listrik ulumbu ini sudah sangat membosankan katanyata tahun ini nanti dibilang lagi ditunda tahun depang mana masarakat mau percaya anggaran melampau target hasilnya sesikitpun tak perna dirasakan oleh rakyat bikin habis khas negara saja................

    ReplyDelete
  2. Biasa.....gembar genbor menjelang PILKADA....
    Menarik simpati...

    ReplyDelete
  3. Alvint Smylle
    Ole....neka koe jai joak neho muu de kokak ta kraeng.....!!!ngai one tuka gaku danong tombo ULUMBU hitu ga.....!!manga mole empo gaku hoo ga toe keta kin dik jadi ulumbu....bo tombo,,,,tenar ulumbu cuma disaat PILKADA semua paket yg menjadi calon slalu berjanji akan meresmikan ulumbu kalau saya terpilih.....!!

    ReplyDelete
  4. aku ATA Satarmese

    asi kaut Ulumbu hitu ga....kong generator kaut gami....

    ReplyDelete
  5. okay, the important success alone, let me also successful election later next period!! are not you ....?

    ReplyDelete
  6. Untung masih ingat.....
    Pemerintah manggarai tukang joak e kraeng.....
    tapi anehnya ata manggarai suka pilih pemimpin yang bisa joak......

    ReplyDelete
  7. The AnDrYzZ: I hoppe you are Important man, not impotent man........

    ReplyDelete
  8. heran laing laku ta lawa...
    du jaman perang danong isu ULUMBU hitu ga,
    dengkir hoon toe tara cemol.

    ReplyDelete
  9. Dua peristiwa besar ditunggu masyarakat Manggarai pada tanggal yang sama: masuknya KOMODO menjadi New7Wonders dan peresmian PLTA ULUMBU oleh Menteri BUMN, DAHLAN, yang sebelumnya menjadi DIREKTUR UTAMA PLN. KOMODO masih menjadi harapan tetapi ULUMBU akan menjadi kenyataan. Menurut info terpercaya PLTA ULUMBU kedua terbesar di dunia, kekuatannya menjadi 160 Megawatt. Yang akan terpakai cuma 10 MW, itupun kalau industri2 bisa dibuka di Manggarai khususnya atau Flores umumnya! KOMODO dlm harapan semoga jadi kenyataan, ULUMBU membuat NUCA LALE TERANG TERUS!

    ReplyDelete

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man