Friday, July 16, 2010

Warga Bajo Temukan 5 Karung Tengkorak Manusia


LABUAN BAJO, POS KUPANG.Com -- Warga Pasar Baru, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Minggu (12/7/2010) sore digegerkan dengan penemuan lima karung berisi tengkorak manusia.

Tengkorak manusia tersebut ada di dalam karung ukuran 100 kilogram dan dikubur dalam tanah dengan kedalaman sekitar 30 cm. Temuan ini langsung dilaporkan ke pihak kepolisian setempat. Aparat kepolisian telah mengidentifikasi isi lima karung berisi tenggkorak manusia itu.

KSPK Polres Manggarai Barat, Bripka Servans Wangga menjelaskan, tengkorak manusia itu ditemukan saat warga setempat menggali kuburan untuk pemakaman salah seorang warga Pasar Baru yang meninggal dunia.

Pada kedalaman sekitar 30 cm, penggali kubur melihat kabel yang terikat pada karung berwarna putih. Mereka menarik karung tersebut. Saat membuka isinya mereka sangat terkejut karena karung itu penuh dengan tengkorak manusia.

"Ketika warga yang menggali kubur tadi tahu bahwa isi karung itu tengkorak, mereka melaporkan ke dusun dan pihak desa. Pihak desa meneruskan ke polisi. Kami langsung turun ke lokasi setelah mendapat laporan," jelas Servans.

Di TKP, polisi mengangkat karung berisi tengkorak itu. Di luar dugaan ternyata karung tidak hanya satu. Ada lima karung yang seluruhnya berisi tengkorak pada lokasi galian yang sama.
Tengkorak-tengkorak itu dibungkus dengan kain kafan yang kondisi sudah usang karena termakan usia.

Menurut hasil identifikasi polisi, kata Servans, tengkorak itu terdiri dari dua tengkorak ukuran manusia dewasa dan empat tengkorak ukuran manusia kecil atau anak-anak. Satu di antara karung berisi dua tengkorak sehingga jumlah seluruhnya enam tengkorak manusia. Tengkorak- tengkorak tersebut masih dalam keadaan utuh. Diperkirakan, tengkorak ini sudah dikubur dalam waktu lama.

Servans menduga tengkorak-tengkorak ini berasal dari pekuburan lama yang pindah dari wilayah pesisir Labuan Bajo. Pasalnya ada bekas pasir pada karung-karung tersebut.
Setelah mengindenfitikasi polisi bersama masyarakat menguburkan kembali kelima karung tengkorak itu. Namun, polisi masih akan melakukan identifikasi tentang kemungkinan orang-orang yang hilang pada masa lalu. (cc)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man