Friday, March 9, 2012

Pembangunan PLTP Ulumbu Rampung


RUTENG, Timex-Harapan masyarakat Ruteng untuk menikmati listerik tenaga panas bumi (PLTP) tercapai sudah. Hingga Selasa (6/3) malam, PLTP Ulumbu yang dinanti-nantikan itu sudah menghasilkan listrik 2,3 MW dari 2,5 MW yang ditargetkan.

Listrik tersebut sudah dialirkan ke pelanggan sehingga mampu menekan biaya operasi PLN yang tiap hari membakar solar cukup besar itu. "Untuk unit II sekarang sudah berjalan lancar," kata Dirut PT Dua Daya Sakti (DDS), Eko Budi, tadi malam.

Sedangkan unit I diperkirakan awal April nanti sudah bisa beroperasi. Suku cadang yang didatangkan dari Tiongkok, kemarin sudah selesai proses administrasi di Bea Cukai Bandara Juanda. Rabu hari ini akan dikirim dengan pesawat ke Ruteng. Sisanya, 15 Maret nanti akan dikirim menyusul oleh kontraktor Tiopngkok.

Kata Eko Budi, meski suku cadangnya belum datang semua, namun bila pemsangannya rampung, sudah bisa diuji coba. "Dengan alat yang saya kirim itu, sudah bisa untuk uji coba," kata pengusaha real estate yang sudah dua pembangkit yang dibangunnya di Flores ini.

PLTP Ulumbu yang pemborannya sejak 1996 namun baru ditenderkan pada pada 2008, setelah Dahlan Iskan, mantan Dirut PLN ini mulai percayakan untuk menjadi dirut perusahaan listrik negara itu. Dia prihatin melihat panas bumi yang sudah 14 tahun mangkrak tersebut.

Lantas dia berjanji untuk membangun pada 2011 sekaligus sebagai hadiah natal bagi masyarakat Ruteng yang dikenal taat beragama itu. Meski molor dari yang direncanakan semula, namun dibandingkan dengan pembangunan pembangkit lainnya yang tercepat. Dalam waktu 11 bulan, sudah bisa menghasilkan listrik.

Sebab, meski kontrak senilai Rp 190 miliar ditandatangani, namun pembangunnanya baru dimulai Februari 2011. "Kontraknya pada 2008, tapi pembangunan fisik, kami lakukan Februari 2011. Dengan demikian, praktis kami bangun hanya 11 bulan sudah menghasilkan listrik," jelask Eko Budi sambil tertawa. (din/ito)

2 comments:

  1. Sippppp . . . .
    memang sudah saatnya PLN berinovasi dalam mengembangkan listrik. saya juga mau ke manggarai ne,hehehe.

    ReplyDelete
  2. kemampuannya bisa seluruh manggarai tengah kah???? atau hanya di Ruteng saja??? :) :) tks

    ReplyDelete

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man