Tuesday, January 12, 2010

Mobil Masuk Jurang, Ketua DPRD Manggarai Dirawat

RUTENG, POS KUPANG.Com -- Ketua DPRD Kabupaten Manggarai, Yoseph Bom, saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ruteng karena bahu kirinya retak, menyusul mobil dinas yang ditumpanginya terjungkal masuk jurang di Puarlolo, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (6/1/2010) pagi.

Yoseph Bom dan sopirnya, Kornelis Kolol pada Rabu sekitar pukul 05.30 Wita berangkat dari Ruteng menuju Labuan Bajo. Dalam perjalanan mereka diguyur hujan lebat. Setibanya di Puarlolo, sekitar 60 Km arah barat Kota Ruteng, terjadi tanah longsor dari bagian kiri ke badan jalan.

Saat itu Kornelis Kolol hendak menghindari tanah longsor, namun mobil dinas merk Nissan Terrano nomor polisi EB 4 E yang dikemudinya terjungkal masuk jurang dengan kedalaman sekitar 15 meter. Dalam peristiwa itu, Kornelis Kolol mengalami luka lecet dan memar sehingga ia hanya rawat jalan.

Ditemui Pos Kupang di ruang VIP B RSUD Ruteng, Rabu (6/1/2010) siang, Yoseph Bom, mengatakan, ia ke Labuan Bajo untuk berangkat ke Jakarta melalui Bandar Udara (Bandara) Komodo-Labuan Bajo.

Yoseph menjelaskan, rencana keberangkatannya ke Jakarta untuk mengikuti sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan yang diselenggarakan oleh Departemen Keuangan (Depkeu). Untuk mengikuti acara itu, demikian Yoseph, ia rencana berangkat dengan pesawat IAT (Indonesian Air Transport) dari Bandara Komodo-Labuan Bajo pada Rabu sekitar pukul 10.00 Wita.

Dikatakannya, ia dan Kornelis Kolol, berangkat dari Kota Ruteng pukul 05.30 Wita, masih dalam guyuran hujan cukup lebat. Setibanya di Puarlolo, jelas Yoseph, saat akan melintasi jalan tersebut, tiba-tiba tanah longsor dari perbukitan bagian kiri jalan. Saat itu, tutur Yoseph, sopir Kornelis Kolol mengambil arah bagian kanan bahu jalan. Namun mobil keluar bahu jalan dan terjungkal ke dalam jurang. Mobil tersebut sempat berguling kurang lebih lima kali, sebelum tersangkut pada sebuah pohon.

"Saat kami melintasi di jalan, tanah longsor turun dan sopir membanting setir ke kanan jalan, sehingga mobil terjungkal ke jurang. Setelah itu kami keluar dari jendela mobil bagian kanan, karena semua kaca sudah pecah dan mobil berada pada posisi miring ke kiri. Hampir 10 menit keluar dari mobil ada bus dari Labuan Bajo dan kami ditolong kembali ke jalan oleh kondektur bus tersebut," tutur Yoseph.

Direktur RSUD Ruteng, drg. Dupe Nababan, yang ditemui Pos Kupang di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2010) siang menjelaskan, hasil pemeriksaan oleh dr. Redy Wibowo, ada tulang retak pada belikat (bahu) kiri Yoseph. Selain itu, lutut keselo dan pergelangan kaki cedera ringan.

Meski begitu, kata Nababan, Yoseph tetap menjalani observasi lanjutan untuk memastikan apakah perlu dioperasi atau tidak. Namun, sementara ini diberikan waktu istirahat untuk melihat perkembangan selanjutnya.

Sedangkan Kornelis Kolol, kata Nababan, hanya mengalami contusio museulorum atau luka memar dan exloriasi atau luka lecet pada kedua tangannya. Karrena itu, lanjutnya, Kolol, hanya rawat jalan setelah diberikan pertolongan darurat di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Ruteng. (bb)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man