Tuesday, January 12, 2010

APBD Manggarai 2010, Rp 428 Miliar

RUTENG, POS KUPANG.COM --- Total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Manggarai untuk tahun 2010 sebesar Rp 428.807.779.445. APBD tersebut dibagi dalam dua pos anggaran, yakni belanja langsung Rp 169.698.126.195 dan belanja tidak langsung senilai Rp 259.109.653.250.

Bupati Manggarai, Drs. Christian Rotok memaparkan dalam sidang paripurna DPRD Manggarai, Senin (11/1/2010), di ruang sidang utama DPRD setempat.

Rotok menjelaskan, APBD Manggarai akan digunakan sebaik-baiknya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pemerintah akan mengutamakan tingkat efektivitas dan efisiensi pelayanan dengan tetap memberikan ruang yang cukup kepada masyarakat untuk mengontrol dan mengetahui setiap langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam membangun.

"Kita akan selalu mengutamakan efektifitas dan efisiensi pelayanan, dengan tidak mengabaikan nilai transparansi dan akuntabilitas," papar Chris Rotok.
Ia berharap ada kerja sama dan dukungan dari semua elemen masyarakat, termasuk unsur legislatif untuk secara bersama membangun dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Hanya dalam kebersamaan kita dapat memikul tanggung jawab yang dibebankan kepada kita untuk mensejahterakan masyarakat," jelasnya.

Untuk alokasi anggaran dalam pos belanja langsung, Bupati Chris Rotok menjelaskan, pemerintah akan menggunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat, yakni meningkatkan kualitas dan prasarana pendidikan, pelayanan dan fasilitas kesehatan di desa-desa, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ke desa-desa yang masih terisolir dan peningkatan tingkat ekonomi keluarga masyarakat, melalui bantuan usaha kecil dan menengah.

Rotok juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh anggota dewan dan pimpinan SKPD yang hadir, serta seluruh masyarakat di Manggarai karena tahun 2010 merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan dirinya bersama Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H, sebagai bupati dan wakil bupati Manggarai.

"Marilah kita mengukir sejarah pada setiap jabatan yang kita emban untuk memberikan nilai bagi semua anak-anak yang lahir dari bumi Manggarai," pungkas Rotok. (bb)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man