Saturday, December 12, 2009

Kejari Ruteng Tangani 11 Kasus Korupsi

POS_KUPANG.COM-SEPANJANG tahun 2009, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ruteng menangani enam kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat. Enam kasus korupsi itu displit (dipisahkan) menjadi 11 berkas perkara korupsi.

Dari 11 berkas perkara itu, beberapa terdakwa sudah divonis di pengadilan dan sisanya masih dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Ruteng.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari ) Ruteng, Timbul Tamba, S.H menyampaikan hal itu saat ditemui Pos Kupang di ruang kerjanya, Kamis (10/12/2009).

Menurut dia, meski jumlah tenaga jaksa terbatas, hanya tujuh orang, Kejari Ruteng tetap bekerja maksimal dalam memberantas tindak pidana korupsi.
"Saya harus beri aplaus kepada para jaksa yang ada di Ruteng," katanya.

Didampingi Kasi Pidsus Kejari Ruteng, Eka Dharmawan Nugraha, S.H, Kajari Timbul Tamba menjelaskan, kasus KKN yang ditanganinya adalah kasus korupsi dana proyek ubi aldira, DAK di Dikbud Manggarai tahun 2007, kasus PPK Elar, Dana Bos SMPN Borong, kasus korupsi dana bahan bangunan rumah (BBR) di Reo dan pengadaan perahu motor.

Perkara korupsi dalam proyek ubi aldira, katanya, sudah divonis hakim dimana terdakwanya sedang menjalani hukuman di LP Carep Ruteng. Kasus DAK 2007 baru satu terdakwa yakni Yosep Labu yang sudah divonis.

Sedangkan terdakwa lainnya dan kasus-kasus korupsi lainnya masih dalam proses hukum di pengadilan.
Jumlah kasus korupsi yang ditangani Kejari Ruteng itu, katanya, tidak termasuk kasus korupsi yang diselidiki dan disidik polisi yakni kasus korupsi dana pengadaan bibit ternak di Dinas Pertanian dan proyek Klangmaghit.

Selain enam kasus korupsi tersebut, Kejari Ruteng juga menangani lebih dari 200 kasus pidana umum. Jumlah kasus yang ditanganu tidak sebanding dengan jumlah jaksa. Meski demikian, tegasnya, Kejari Ruteng tetap berusaha maksimal dalam melakukan penegakan hukum. (lyn)

1 comment:

  1. maju terus pak kajari.Rakyat Manggarai pasti mendukung langkah berantas korupsi dari tanah Manggarai.

    ReplyDelete

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man